Rabu, 20 Oktober 2010

Proses

 Definisi Proses

Menurut definisinya, proses adalah serangkaian langkah sistematis, atau tahapan yang jelas dan dapat ditempuh berulangkali, untuk mencapai hasil yang diinginkan. Jika ditempuh, setiap tahapan itu secara konsisten mengarah pada hasil yang diinginkan.
Banyak contoh proses yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita, yang mungkin tidak kita sadari: Mobil merupakan hasil dari proses manufaktur. Begitu pula pakaian, rumah, bahkan roti yang kita makan, semua merupakan hasil dari suatu proses yang dapat menjamin kualitasnya.
Proses penjualan menentukan dan mencatat setiap tahapan yang secara keseluruhan mengarah pada produktivitasnya. Aktivitas penjualan yang tidak mengikuti setiap tahapan tersebut cenderung berakhir dengan kegagalan. Asalkan terencana dan tertata bagus, proses penjualan yang berisi sejumlah tahapan itu akan dapat membantu Anda rnengidentifikasi, menganalisis, mengkualifikasi, mengukur peluang, untuk kemudian menentukan tahapan selanjutnya. Jika ingin bagus, perencanaan proses penjualan harus mengacu pada cara transaksi yang diinginkan pelanggan, dan tidak mengacu pada selera salespeople.
Apa Perlunya Proses Penjualan?
Sederhananya adalah agar siapapun yang terlibat dalam aktivitas penjualan tahu langkah apa saja yang perlu dilakukan berikutnya demi meningkatkan peluang keberhasilan menjual. Lagi pula, dalam situasi sekarang ini, hanya sebagian kecil saja kampanye penjualan yang dapat sukses oleh rancangan satu orang. Siklus penjualan Anda berupa transaksi yang melibatkan cuma satu peristiwa, atau serangkaian peristiwa dalam jangka waktu yang lebih panjang, tidak masalah. Yang terpenting adalah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dan kapan melakukannya.
Dengan menggunakan proses penjualan, orang dan perusahaan dapat:
·        Menentukan langkah selanjutnya yang memperbesar peluang sukses.
·        Mendiagnosis kelemahan di tingkat perorangan maupun kelompok dan memperbaikinya.
·        Mengukur tingkat kemajuan program penjualannya pada setiap peluang yang ada.
·        Memprediksi revenue yang dapat diperoleh dari setiap peluang yang ada.

http://kakilimasubang.wordpress.com/2008/07/09/definisi-proses/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar